Rabu, 20 Desember 2017

5 Alasan Mengapa Kita Harus Mencintai Rupiah

Mata Uang Rupiah
Source : economy.okezone.com\5 Alasan Mengapa Kita Harus Mencintai Rupiah

Saat pertama kali mengetikkan rupiah di kolom pencarian ada banyak penjelasan mengenai rupiah sebagai mata uang resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi kalian tentu belum sepenuhnya tahu bahwa mata uang rupiah sejatinya merupakan refleksi dinamisasi perekonomian leluhur nusantara yang berlangsung lama mulai dari jaman kerajaan hingga saat ini.

Selain itu ada 5 hal yang mendongkrak rupiah tidak hanya sebagai mata uang semata namun juga sebagai bentuk cinta terhadap Indonesia. Rasa cinta itu tertuang di setiap aktivitas rupiah. 

1. Sekilas Keberadaan Mata Uang Rupiah 


Kata rupiah diambil dari bahasa Sansekerta, bahasa leluhur Nusantara yaitu rupya yang berarti perak. Namun seiring waktu dengan pelafalan asli Indonesia kata rupya berubah menjadi rupiah.


De Javasche Bank 5 Gulden
Source : beritaunik.net\De Javasche Bank
Seratus Rupiah Pemerintah Dai Nippon
Source : kompasiana.com\Pemerintah Dai Nippon

Kemudian bangsa penjajah datang dan menginfiltrasi budaya dan perekonomian modern. Penggunaan rupiah sempat hilang dengan munculnya mata uang Belanda, Gulden. Lalu rupiah muncul kembali saat Jepang berada di Indonesia sampai akhirnya rupiah menjadi identitas ekonomi nasional. Inilah rasa cinta rupiah yang pertama dimana keberadaannya masih tetap eksis sampai sekarang layaknya cinta lama bersemi kembali.

2. Transaksi Menggunakan Uang Kertas dan Uang Logam


Mata uang rupiah digunakan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mata uang rupiah terdiri dari dua jenis, yaitu uang kertas dan uang logam. Namun kebanyakan orang lebih antusias menggunakan uang kertas sebagai transaksi jual beli. Padahal uang logam juga sebagai mata uang yang sah.


Uang Kertas Emisi Tahun 2016
Source : blog.pergi.com\Uang Kertas
Uang Logam Emisi Tahun 2016
Source : bali.tribunnews.com\Uang Logam

Alangkah baiknya dalam menggunakan mata uang rupiah, diseimbangkan penggunaan uang kertas dan uang logam dalam kehidupan sehari-hari. Cara yang ideal dalam penggunaan mata uang rupiah adalah dengan menyediakan uang kertas dan uang logam saat bepergian dan beraktivitas. Cinta yang sesungguhnya ialah dengan mendukung penggunaan uang logam dan uang kertas dalam kehidupan sehari-hari kita.

3. Pemersatu Bangsa 


Abad ini yang menyatukan bangsa Indonesia ada 3 hal, diantaranya bahasa, olahraga, dan sosial kemanusiaan. Olahraga dan sosial kemanusiaan menjadi sumbangsih terbesar perekonomian. Nilai ekonomi tentu tak bisa jauh dari yang namanya uang. Kenapa uang? karena uang menjadi hal yang mudah dibagikan dan dijadikan standar dalam menentukan segala macam transaksi.


Rupiah, Negara Kesatuan Republik Indonesia
Source : banknote24.eu\Rupian Nominal 100000 emisi 2016

Entah dalam bentuk tunai maupun non tunai, rupiah bisa menjangkau semua elemen masyarakat. Bisa dibayangkan jika kita tidak memiliki mata uang sendiri atau bahkan ikut-ikutan negara lain menggunakan mata uang mereka. 

Kita tentu tak akan bisa mandiri, tak akan bisa sejajar dengan negara lain di dunia. Karena apa? Karena ketergantungan yang bisa saja sewaktu-waktu menyulitkan perekonomian kita.

Bahkan kita akan direpotkan ketika di setiap pulau, diharuskan berganti mata uang dan menukar mata uang. Maka dari itu, Indonesia menjadikan rupiah sebagai mata uang nasional yang siap bersaing dengan negara lain. Sebagai wujud nyata dari implementasi penggunaan rupiah, pemerintah kemudian menerbitkan UU No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang. Bersatunya masyarakat Indonesia dengan penggunaan rupiah di berbagai wilayah di Indonesia sebagai bentuk cinta sejati terhadap tanah air. 

4. Prestasi 


Tak banyak negara yang memiliki prestasi dengan karakteristik yang ada pada mata uangnya, tapi Indonesia membuktikan diri bahwa rupiah memiliki karakteristik yang unik dan memiliki daya tarik. 

Salah satu buktinya pecahan nominal 10000 Rupiah emisi tahun 1975. Desain yang menunjukkan lukisan barong dan relief candi Borobudur pernah mendapatkan prestasi sebagai desain terbaik di Asia. Tak hanya itu, menurut moneychoice.org menempatkan desain Ki Hajar Dewantara nominal 20000 keluaran 1998 sebagai desain paling indah nomor satu dari 10 desain uang terbaik di dunia.


Nominal 10000 Desain Barong dan Relief Candi Borobudur
Source : bukalapak.com\Desain Barong
Nominal 10000 Desain Barong dan Relief Candi Borobudur
Source : bukalapak.com\Desain Relief Borobudur
Nominal 20000 Desain Ki Hajar Dewantara
Source : tokopedia.com\Ki Hadjar Dewantara
Nominal 20000 Desain Ki Hajar Dewantara
Source : tokopedia.com\Kegiatan Belajar

Dengan prestasi ini, keraguan kecintaanmu kepada rupiah tentu tak perlu diragukan lagi bukan?


5. Lini Kehidupan


Di bagian ini tentu inti dari segala kebutuhan dan kepentingan sosial kita. Semua orang pasti butuh uang, semua orang pasti butuh rupiah. Seperti lagu dari Rhoma Irama berjudul Rupiah, "Tiada orang yang tak suka, pada yang bernama Rupiah." 


Lirik Lagu Rupiah
Source : snipping from youtube.com\Rhoma Irama-Rupiah

Jaminan mutu lagu tersebut dibenarkan secara nasional. Contoh paling gampang, kalian jika ingin menikah tentu butuh uang alias rupiah bukan? apalagi kalau kalian ingin memberikan mahar. Selain sebagai modal untuk membeli mahar, ternyata rupiah pun sering juga dipakai sebagai mahar. Seperti kebanyakan orang bilang, "Kupinang Kau dengan Rupiah." 

Inilah cinta hakiki yang membuat kita semakin sadar bahwa rupiah akan selalu ada di segala aktivitas hidup kita. 

Itulah 5 Alasan Mengapa Kita Harus Mencintai Rupiah sekaligus menjadi bukti bahwa cinta terhadap rupiah tentu tak boleh pudar. Mencintai bangsa, tanah air, bahasa, dan segala simbol nasional tentu menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara termasuk rupiah.

Artikel Terkait

5 Alasan Mengapa Kita Harus Mencintai Rupiah
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

POST COMMENT